Kamis, 11 Oktober 2012

Minat generasi bangsa terhadap produk Indonesia

Manusia merupakan makhluk hidup/individu yang tidak dapat terlepas dari kebutuhan barang dan jasa sebagai pemenuh kebetuhan jasmani dan rohani demi  kelangsungkan hidup. Dari hal tersebut pasar industry akan menjadi actor utama dalam kehidupan sehari-hari yang tidak akan pernah ada ujungnya. Sebagai fasilitas pemenuh kebutuhan setiap insane yang bernyawa. Di Indonesia banyak sekali tersebar berbagai produk mulai dari kebutuhan primer sampai kebutuhan pemuas emosional sesaat saja. Bermacam jenis produk ditawarkan dengan kualitas dari yang terendah sampai yang eksklusive, baik dengan harga yang termurah hingga yang termahal, mulai dari produk dalam negeri sampai luar negeri.

            Melihat semaraknya produk-produk yang ditawarkan dg kelbihan mereka masing-masing, banyak sekali masyarakat yang dibingungkan olehnya. Mirisnya, di era globalisasi ini lahir sebuah dokmatis yang sebenarnya sangat tidak tepat dilakukan oleh generasi bangsa Indonesia . bagaimana tidakmasyarakat yang seharusnya bangga dan mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikan budaya-budaya Indonesia, kini sudah berbalik arah. Hamper 90% generasi bangsa Indonesia ini lebih bangga menggunakan/menikmati  produk luar negeri, dibandingkan dengan menggunakan produk Indonesia sendiri. Muali dari contoh yang terkecil. Makanan misalnya , mereka lebih suka makanb makanan dari luar negeri (spagety, pizza, hotdog, burger, lady finger, dll), kemudian pakaian, ketika mereka mengenakan pakaian yang import dengan suara lantang mereka akan mengatakan bahwa baju yang dipakai adalah buatan Australia(misalnya) mereka dengan bangga memakai baju tersebut. Begitu pula dengan contoh yang lain misalnya jam tangan, jaket, tas, sepatu, dll. Bahkan, bukan hanya kalangan masyarakat awam, tetapi pejabat tinggi Negara pun tidak mau kalah, untuk menggunakan sepatu produk luar negeri, sampai timbul kebijakan bahwa pejabat Negara diwajibkan memakai sepatu produk dalam negeri, yang sebenarnya kualitasnya juga tidak kalah bagus dengan produk luar negeri.

            Sebenarnya Negara Indonesia ini sudah cukup banyak memiliki kebutuhan barang dan jasa yang kualitasnya tidak kalah unggul dengan produk luar negeri, hanya saja generasi bangsa Indonesia di era sekarang ini belum bias menumbuhkan rasa nasionalisme  terhadap Negara mereka sendiri, sehingga dalam benak mereka tertanam suatu kebanggaan ketika menggunakan produk-produk luar negeri. Sebagai generasi penerus bangsa mari kita cintai produk Indonesia dan tanamkan jiwa nasionalisme itu sejak dini.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar