Minat generasi bangsa terhadap produk Indonesia
Manusia merupakan makhluk hidup/individu yang tidak dapat
terlepas dari kebutuhan barang dan jasa sebagai pemenuh kebetuhan jasmani dan
rohani demi kelangsungkan hidup. Dari hal
tersebut pasar industry akan menjadi actor utama dalam kehidupan sehari-hari
yang tidak akan pernah ada ujungnya. Sebagai fasilitas pemenuh kebutuhan setiap
insane yang bernyawa. Di Indonesia banyak sekali tersebar berbagai produk mulai
dari kebutuhan primer sampai kebutuhan pemuas emosional sesaat saja. Bermacam jenis
produk ditawarkan dengan kualitas dari yang terendah sampai yang eksklusive,
baik dengan harga yang termurah hingga yang termahal, mulai dari produk dalam
negeri sampai luar negeri.
Melihat semaraknya
produk-produk yang ditawarkan dg kelbihan mereka masing-masing, banyak sekali
masyarakat yang dibingungkan olehnya. Mirisnya, di era globalisasi ini lahir
sebuah dokmatis yang sebenarnya sangat tidak tepat dilakukan oleh generasi
bangsa Indonesia . bagaimana tidakmasyarakat yang seharusnya bangga dan
mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikan budaya-budaya Indonesia,
kini sudah berbalik arah. Hamper 90% generasi bangsa Indonesia ini lebih bangga
menggunakan/menikmati produk luar negeri,
dibandingkan dengan menggunakan produk Indonesia sendiri. Muali dari contoh
yang terkecil. Makanan misalnya , mereka lebih suka makanb makanan dari luar
negeri (spagety, pizza, hotdog, burger, lady finger, dll), kemudian pakaian,
ketika mereka mengenakan pakaian yang import dengan suara lantang mereka akan
mengatakan bahwa baju yang dipakai adalah buatan Australia(misalnya) mereka
dengan bangga memakai baju tersebut. Begitu pula dengan contoh yang lain
misalnya jam tangan, jaket, tas, sepatu, dll. Bahkan, bukan hanya kalangan
masyarakat awam, tetapi pejabat tinggi Negara pun tidak mau kalah, untuk menggunakan
sepatu produk luar negeri, sampai timbul kebijakan bahwa pejabat Negara diwajibkan
memakai sepatu produk dalam negeri, yang sebenarnya kualitasnya juga tidak
kalah bagus dengan produk luar negeri.
Sebenarnya Negara
Indonesia ini sudah cukup banyak memiliki kebutuhan barang dan jasa yang
kualitasnya tidak kalah unggul dengan produk luar negeri, hanya saja generasi
bangsa Indonesia di era sekarang ini belum bias menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap Negara mereka sendiri, sehingga dalam
benak mereka tertanam suatu kebanggaan ketika menggunakan produk-produk luar
negeri. Sebagai generasi penerus bangsa mari kita cintai produk Indonesia dan
tanamkan jiwa nasionalisme itu sejak dini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar